Implementasikan Komunikasi Inovasi, Mahasiswa Dampingi Digitalisasi Bisnis Waroeng Kopi Pizza Nadeeva

Mahasiswa  Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau), melakukan pendampingan dan pengembangan digitalisasi untuk  UMKM Waroeng Kopi Pizza Nadeeva. Kegiatan ini berlangsung Mei hingga Juni 2024 sukses membantu digitalisasi bisnis UMKM yang berlokasi di Jalan Manunggal 58 Kota Pekanbaru tersebut .

Proyek yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi ini tidak hanya sebatas membantu, namun juga berfokus pada pengembangan berbagai aspek digitalisasi yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha di era digital saat ini. Hal ini juga difokuskan agar UMKM mampu beradaptasi dengan keberadaan teknologi yang membantu mempermudah berbeagai aspek pekerjaan di lapangan.

“Saat kami mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi dalam proyek digitalisasi Waroeng Kopi Pizza Nadeeva, kami merasa sangat terinspirasi untuk mengaplikasikan pengetahuan teori yang kami pelajari di kampus ke dalam praktik langsung. Kami berharap upaya kami dapat memberikan manfaat nyata dan menjadi Solusi  baik bagi usaha lokal untuk terus berkembang menuju UMKM berbasis digital,” kata Muhammad Nazhif Al-fikri, salah satu mahasiswa pelaksana kegiatan.

Proyek digitalisasi yang dilakukan mencakup berbagai kegiatan. Antara lain pembuatan QRIS untuk mempermudah transaksi non-tunai, pembuatan akun media sosial untuk meningkatkan pemasaran digital dan interaksi dengan pelanggan, serta pendaftaran platform ShopeeFood untuk memperluas jangkauan pemasaran. Selain itu, tim juga melakukan pembuatan daftar menu digital untuk memudahkan pelanggan dalam memilih menu.

“Kita juga mengintegrasikan dengan email dan Google Maps, serta upaya branding untuk meningkatkan citra dan pengenalan merek UMKM pizaa tersebut,” lanjut Nazhif.

Melalui kolaborasi ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau berperan aktif dalam memberikan solusi digital kepada Waroeng Kopi Pizza Nadeeva, mendukung pertumbuhan bisnis, dan adaptasi usaha di era digital ini. Pendekatan yang komprehensif ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memberikan nilai tambah dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan visibilitas usaha lokal.

“Kami sangat bersyukur atas dukungan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau dalam mengembangkan aspek digitalisasi usaha kami. Kolaborasi ini tidak hanya membantu meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memperluas jangkauan pasar kami melalui platform digital. Kami yakin langkah ini akan membawa Waroeng Kopi Pizza Nadeeva ke level yang lebih baik dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat di era digital ini,” kata Teti, pemilik UMKM Pizza Nadeeva.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ini merupakan proyek merdeka belajar mata kuliah Komunikasi Inovasi dengan implementasi kegiatan pendampingan masyarakat. dengan Tim proyek bernama “Gulki Project” ini terdiri atas 10 mahasiswa yaitu Nursani, Nadia Saqina Amelia, Tata Heldya Dwi Cahya, Ummahatul Mu’minin,Thohira Dwi Andrisaputri, Tifani Ningrum SW, Sona Rahmadea, Muhammad Nazhif, Muhammad Fauzan dan Al Ansori. (*)

Penulis : Nursani, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau.

Leave a Reply