Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jadi Peserta KKN Kebangsaan di Maluku

Agus Firmansyah, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi terpilih menjadi perwakilan UIN Suska Riau dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XII di Provinsi Maluku. Kegiatan berlangsung 26 Juli hingga 24 Agustus 2024 dan diikuti 500 peserta dari seluruh Indonesia.

KKN Kebangsaan merupakan program tahunan yang dibuat Kemendikbud RI. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2013 dengan menghasilkan satu angkatan se-Indonesia setiap tahunnya.

Agus merupakan mahasiswa aktif semester 7 konsentrasi Public Relation. Ia merupakan mahasiswa yang aktif di dalam organisasi eksternal dan internal kampus, dengan jabatan terakhir Kabid Advokasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Periode 2023.

Agus terpilih mewakili Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) setelah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh LPPM UIN SUSKA RIAU. Selain IPK, seleksi  mencakup pemahaman ilmu agama, tes wawasan kebangsaan, dan juga materi terkait dengan program studi. Ia menyebut, kelulusan dalam seleksi tersebut tidak terlepas dari dukungan program studi dan fakultas.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada ketua program studi, penasihat akademik saya, dan seluruh dosen Program Studi Ilmu Komunikasi yang telah memberikan dukungan positif sehingga saya mampu melalui proses seleksi dengan baik, dan pada akhirnya saya terpilih sebagai delegasi UIN Suska Riau dalam Program KKN Kebangsaan XII di Maluku,” ujar Agus.

Di lokasi kegiatan KKN, Agus bersama timnya akan mengadakan berbagai kegiatan pengembangan masyarakat. Hal ini akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan sosial dan ekonomi di lokasi kegiatan. Misalnya mempromosikan potensi ekonomi desa dan potensi wisata desa.

“Kami membuatkan platform media sosial dan kalau bisa website desa untuk mengenalkan desa tempat kami menfadakan kegiatan kepada khalayak luas, sesuai keilmuan kami,” ujarnya.

Prodi sendiri terus mendorong dan memberikan support kepada mahasiswa dalam pengembangan potensi akademik dan soft skill. Karena ini akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa dalam membangun relasi yang  luas di masuyarakat. (*)

Leave a Reply