Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Pemenang Duta Bahasa Riau 2022

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Shania Cherly Yolanda, meraih prestasi sebagai Juara Favorit pada pilihan Duta Bahasa Riau 2022. Acara pemberian penghargaan digelar pada malam puncak pemilihan Duta Bahasa Nasional 2022 di Ballroom Grand Central Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, Kamis (18/8/2022).

Pemilihan ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jakarta.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau Toha Machsun MAg mengatakan, Duta Bahasa adalah ajang pemilihan figur generasi muda yang bertugas untuk mengampanyekan dan menyosialisasikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ajang pemilihan ini dimulai di tingkat provinsi dan kemudian dilanjutkan pada tingkatan nasional, sementara itu, untuk kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Riau 2022 sudah berlangsung sejak 23 Juni 2022 mulai dari pendaftaran sampai diacara puncak ini.

Selain itu, untuk menjadi Duta Bahasa Riau para peserta harus memiliki wawasan yang luas, mampu mengunakan bahasa asing, berbahasa daerah dan bahasa Indonesia baik dan benar serta harus berpenampilan menarik, kemampuan yang luar biasa.

“Karena ini seleksinya di lingkungan balai bahasa sehingga para peserta harus mengikuti ujian bahasa Indonesia dan semuanya harus mendapatkan peringkat istimewa atau dengan nilai di atas 7,” ucapnya

Dijelaskan Toha lagi, pemilihan duta bahasa ini memiliki tujuan untuk membangkitkan minat kalangan muda untuk kembali menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami berharap para pemenang dapat menjadikan duta terpilih sebagian icon untuk mengajak masyarakat menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam ruangan public,” tegasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang juga didapuk sebagai juri Raja Yoserizal mengungkapkan Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung kegiatan ini apalagi Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan untuk bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku.

Tak hanya itu, Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang digunakan bukan hanya di Indonesia, namun juga Asia Tenggara.

“Kami mendukung kegiatan ini dan berharap melalui Duta Bahasa Riau 2022 ini dapat melestarikan budaya, bahasa dan adat istiadat terutama di Bumi Melayu Lancang Kuning Provinsi Riau,” harapnya. (*)

Sumber: diolah dari Riau Pos.

About muhammad badri

Check Also

Tim Bola Voli Putri Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Raih Juara 1 ANA Cup 2022

Kabar menggembirakan terdengar dari Tim Bola Voli Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN …

Leave a Reply