Perjalanan Reni Rahmawati di Panggung MC

Menjadi seorang master of ceremony (MC) alias pembawa acara sukses adalah hasil dari bakat, kerja keras, dan kepercayaan diri yang tinggi. Kisah inspiratif ini mengangkat perjalanan yang menarik Reni Rahmawati yang telah mengukir namanya dalam dunia pembawa acara.

Reni sapaan akrabnya, merupakan alumni Prodi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau yang memiliki kecintaan mendalam terhadap seni berbicara di depan orang banyak sejak usia muda. Dia menyadari kekuatan kata-kata dan daya tarik dalam memimpin sebuah acara. Inilah yang mendorong dirinya untuk mengejar karier sebagai seorang MC.

“Awal mula menjadi MC dari SMP karna sudah punya bakat dan cocok di bidang MC,” katanya, Senin (26/6/2023).

Mulanya Reni hanya menerima menjadi MC hanya jika ada tawaran saja. Namun seiring waktu, ia mulai mendalami profesi MC dan memutuskan membuka jasa di media sosial sejak tahun 2021.

“Seiring berjalannya waktu, di semester tujuh berpikir pengen untuk mendalami job MC ini, mulailah searching tentang MC, ikut kelas MC dan lain sebagainya.  Alhamdulillah sampai sekarang job berdatangan dan dari situ ternyata MC ini bisa dijadikan profesi,” ungkapnya.

Meski MC bukan menjadi cita-cita Reni, namun karena suka sehingga ia menekuninya. Selama beberapa tahun, ia telah membangun kehadiran yang kuat dan reputasi yang baik di dunia hiburan.

Reni terus mengasah keterampilan dalam berbicara di depan umum, menyesuaikan diri dengan berbagai acara dan tema, serta menciptakan atmosfer menyenangkan dan interaktif bagi para hadirin. Kemampuannya beradaptasi dan membawa keceriaan kepada audiens telah menjadi motivasinya untuk terus berkarya di bidang MC.

“Kemampuan yang Reni punya di bidang MC membuat Reni lebih percaya diri dan respons dari orang di sekitar juga sangat memotivasi Reni untuk terus berkarya di bidang MC,” ucap Reni.

Selain itu, bertemu dengan orang baru di setiap acara menjadi salah satu hal yang membuatnya tertarik menjadi MC. Sehingga kemampuan interpersonalnya kuat, dan dapat menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak terkait dalam sebuah acara, termasuk pengisi acara lainnya, tim produksi, dan klien.

Reni juga dapat mengimprovisasi dan menyesuaikan program acara sesuai dengan perubahan yang terjadi. Fleksibilitas dan keahlian dalam mengelola situasi yang tak terduga telah membuat Reni menjadi MC yang banyak dicari.

Dia bahkan pernah dipercaya untuk menahkhodai beberapa acara besar di Pekanbaru. Termasuk acara Lifting & Rigging Pertamina serta Forum Rapat Kerja Pertamina Hulu Rokan di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Perjalanan karier Reni sebagai MC tidaklah mudah. Ketika menjalani profesinya itu pada setiap acara, dia mengaku selalu ada tantangan baru yang dihadapi. Meski begitu, untuk mengatasi hal itu Reni selalu mengawalinya dengan berdoa dan berlatih sebelum tampil di atas panggung.

“Berdoa, berusaha, melatih sebelum Event di mulai, dan banyak mencari referensi seputar MC,” kata Reni, yang secara formal bekerja menjadi staf administrasi Kantor Kecamatan Pinggir.

Melalui dedikasi, kerja keras, dan kepercayaan diri yang tinggi, Reni telah membuktikan bahwa kemampuan berbicara yang baik dan kehadiran panggung yang kharismatik dapat membawanya mencapai puncak kesuksesan dalam profesi ini. Untuk itu, ia berharap untuk tetap bisa menjalankan profesi MC yang dianggapnya sebagai sebuah hobi baginya.

“Semoga Reni tetap bisa berkarir di bidang MC, walaupun tidak banyak job yang penting Reni masih bisa melanjutkan hobi Reni, sehingga ke depannya dan tidak meninggalkan profesi MC ini,” tutupnya. (Rep: Mhd. Rizki).

About adminkomunikasi

Check Also

Ketum IKA UIN Suska Riau Abdul Wahid Roadshow ke Bengkalis, Rangkul Alumni di Negeri Junjungan

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau Abdul Wahid melakukan roadshow ke …

Leave a Reply