??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Visiting Professor: Integrasi Keilmuan dalam Penelitian Komunikasi

Progam Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan kegiatan Visiting Professor pada Selasa (6/12/2022), di Gedung Teater FDK. Kegiatan bertema “Integrasi Keilmuan dalam Penelitian Komunikasi” tersebut menghadirkan Guru Besar UIN Sumatera Utara Prof. Dr. H. Abdullah, M.Si.

Peserta kegiatan terdiri atas mahasiswa semester V Prodi Ilmu Komunikasi, yang semester berikutnya akan mengajukan judul dan menulis proposal skripsi. “Kegiatan ini diharapkan akan memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang integrasi keilmuan dalam penulisan skripsi, sehingga tema skripsi lebih beragam,” kata Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi Artis, M.I.Kom.

Dalam pemaparan materi, Prof. Dr. H. Abdullah, M.Si menjelaskan pentingnya membangun integrasi keilmuan dalam penelitian. “Pada dasarnya tidak ada ilmu yang otonom, karena itu integrasi merupakan suatu keniscayaan,” jelasnya.

Prof. Abdullah selanjutnya menjelaskan tentang oentingnya memahami objek material dan objek formal dalam penelitian. Penelitian komunikasi umumnya menggunakan objek material manusia atau media. Objek formalnya bisa bermacam-macam tergantung konteks penelitiannya.

Lebih lanjut Prof. Abdullah mengingatkan kepada mahasiswa agar dalam membuat proposal topiknya dapat diteliti dan datanya dapat diperoleh. “Selain itu, Anda juga mesti mampu menyelesaikannya,” ujarnya. (*)

About adminkomunikasi

Check Also

Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Juara Pertama Public Speaking Competition 2023

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau berhasil meraih Juara pertama …

Leave a Reply