Melalui “GenZlis” Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Ajak Gen Z Gunakan Media Sosial Secara Positif

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau yang tergabung dalam Purlibnator Team membuat acara webinar inovatif untuk Generasi Z (Gen Z). Event bertema “GenZlis” yang diadakan pada Sabtu, 30 Desember 2023, ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Literasi Media dan Informasi.

Acara yang digelar secara daring melalui zoom meeting tersebut dihadiri 107 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Kota Pekanbaru dan daerah lain. Ketua pelaksana kegiatan Bima Dwi Kencana mengatakan, webinar “GenZlis” mengatakan, webinar bertema literasi itu diharapkan dapat menambah wawasan kepada mahasiswa tentang pentingnya literasi di dunia komunikasi yang semakin berkembang.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta webinar, serta kepada Ibu Julis Suriani sebagai mentor dan pembimbing kami dalam mengadakan webinar ini. Semoga ke depannya ada webinar lagi yang akan diadakan untuk menambah ilmu dan wawasan kita,” ujarnya.

Sementara itu, dosen pengampu mata kuliah Literasi Media dan Informasi Julis Suriani, S.I.Kom., M.I.Kom berharap, mahasiswa yang tergabung dalam literasi media digital mendapatkan pengetahuan positif. Sebab Gen Z tidak pernah lepas dari penggunaan perangkat digital. Julis mengingatkan pentingnya penggunaan media sosial untuk aktivitas yang positif dan menghindari hal negatif di media sosial.

“Gen Z tidak pernah lepas dari yang namanya media baru, baik itu platform media sosial ataupun yang lainnya. Kita mudah-mudahan terhindar dari ujaran kebencian akibat berita di internet,” ujarnya.

Sebagai informasi, Gen Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1997-2010 yang sangat akrab dengan teknologi digital, terutama media sosial. Generasi Z mempunyai potensi besar untuk menjadi agen perubahan sosial melalui media sosial, namun juga menghadapi tantangan dan risiko seperti kebencian, hoaks, cyberbullying, radikalisme, dan kecanduan dalam penggunaanya.

Dalam webinar dengan pembicara Esa Nanda Winayu dan M. Maqbullisan ini, para peserta mendapatkan materi tentang literasi media digital, karakteristik Generasi Z, etika dan moral dalam media sosial, dan cara bijak dalam penggunaan media sosial. Selain itu, para peserta juga berkesempatan untuk berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman dengan narasumber yang berkompeten dalam penyampaian materi tentang literasi media digital kepada para peserta webinar.

Secara garis besar para narasumber menjelaskan, literasi digital bukan sekedar tahu cara menggunakan media sosial, tetapi juga tahu cara memilih, menilai, dan berbagi konten yang bermutu, bermanfaat, dan beretika. Oleh karena itu, Gen Z perlu mempunyai kemampuan literasi digital yang tinggi untuk dapat memilih, menilai, dan berbagi konten yang berkualitas, bermanfaat, dan beretika. (Rls V PR B)

About Prodi Ilkom

Check Also

Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Juara Pertama Public Speaking Competition 2023

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau berhasil meraih Juara pertama …

Leave a Reply